Monday, 5 March 2018

Jepang Segera Mengkomersialkan Teknologi Internet 5g

Memasuki tahun 2018 tentu banyak sekali hal-hal yang baru tidak terkecuali dalam hal teknologi. Tahun 2018 ada banyak inovasi-inovasi yang ditemukan yang mana akan semakin memudahkan manusia dalam mengerjakan berbagai pekerjaan. Jika sebelumnya kita perlu beberapa alat untuk mengerjakan satu pekerjaan, maka dengan satu alat saja kita dapat menyelesaikan semua pekerjaan kita dengan cepat dan tepat.



Salah satu teknologi yang sering kita gunakan saat ini adalah teknologi internet. Keberadaan internet sangatlah vital bagi kehidupan manusia. Manusia dapat menyelesaikan berbagai aktivitas hanya dengan menggunakan internet, seperti berkirim email, mencari referensi, mendapatkan berbagai informasi lainnya yang tentu akan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan bagi masyarakat yang sibuk dapat terhibur dengan hiburan yang banyak terdapat di internet. Olah karena itu internet saat ini menjadi sangat akrab untuk masyarakat. Tak hanya untuk kalangan dewasa, bahkan kalangan remaja juga sangat membutuhkan internet meskipun dengan penggunaan yang berbeda karena untuk remaja biasanya hanya digunakan untuk bersosialisasi dengan teman-temannya di dunia maya atau sekadar mencari tahu sesuatu yang belum mereka ketahui sebelumnya.

Kebutuhan internet yang semakin meningkat pesat ini menjadi perhatian para produsen. Menanggapi hal ini produsen perangkat dan infrastruktur telekomunikasi asal China ZTE telah sepakat untuk menjalin kerjasama dengan penyedia jasa telekomunikasi dari softbank untuk menyebarkan sebuah teknologi terbaru 2018 yakni pra-5G di negara jepang dan juga menjadi ajang percobaan komersial di awal tahun 2018. ZTE juga mengklaim bahwa teknologi pra-5G adalah sebuah teknologi yang mampu menyediakan kecepatan internet yang lebih cepat dan lebih tinggi dari jaringan 4G.

Bahkan wakil presiden dari ZTE Li Cui juga mengatakan bahwa rencananya ZTE juga akan mendirikan sebuah pusat penelitian dan juga pusat pengembangan teknologi nirkabel di Jepang, tepatnya di Tokyo pada akhir tahun 2015 ini. ZTE rencananya juga akan menyediakan perangkat dan juga infrastruktur 4G LTE. Perusahaanini sudah menghitung kenaikan 42 persen laba bersih yang diterima pada akhir 2014. Bahkan secara global, perusahaan ini juga telah menginvestasikan sejumlah uang yang akan digunakan sebagai dana untuk penelitian dan juga untuk teknologi komunikasi mobile antara tahun 2015 hingga 2018.

International telecomunication union (ITU) adalah sebuah organisasi terpisah yang dari PBB yang bertugas untuk mengatur teknologi komunikasi secara global yang sedang terjadi dan yang akan terjadi. ITU juga sudah menyepakati bahwa definisi kecepatan maksimum internet mobile generasi kelima tersebut akan mencapai kecepatan maksimal 20 gigabit per detik (Gbps). Oleh sebab itu, ITU menargetkan bahwa teknologi 5G telah diterapkan pada gelaran besar olimpiade yang digelar di Pyeong Chang, Korea. Pada momen tersebut, internet 5G untuk pertama kalinya di komersialkan. Tujuan ZTE adalah memanfaatkan teknologi inti 5G pada jaringan komersial yang sudah ada sehingga masyarakat luas dapat menikmati bagaimana menggunakan internet dengan kecepatan 5G dan mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan kecepatan internet secepat itu.

Demikian informasi mengenai teknologi terbaru 2018 yang dapat anda jadikan informasi bagi anda yang sedang menanti terobosan terbaru teknologi di tahun 2019 mendatang. Namun, perlu digaris bawahi bahwa untuk tahun 2018, baru akan di lakukan uji komersil teknologi pra-5G. Semoga saja mendapatkan respon yang cukup baik sehingga internet 5G dapat segera di rilis dan segera hadir di hadapan kita semua.

No comments:

Post a Comment